CARA BAYAR PPN BULANAN

cara bayar ppn bulanan

PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN)

Cara Bayar PPN Bulanan (jasa konsultan pajak pajaknesia.id)

Banyak cara yang ditawarkan pemerintah untuk memudahkan wajib pajak dalam membayar pajak. Salah satunya bisa membayar pajak secara online atau dengan jasa konsultan pajak untuk mempermudah lapor wajib pajak. Jadi sangat cocok buat Anda yang tidak punya waktu untuk mengurus atau datang ke kantor pajak, bahkan tidak mau antri. Mengutip dari laman resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP), e-Billing pajak merupakan metode pembayaran pajak secara elektronik dengan menggunakan kode billing atau ID billing sebagai cara untuk membayar pajak.

E-billing adalah sistem yang menerbitkan kode billing untuk pembayaran atau penyetoran penerimaan negara secara elektronik, tanpa perlu membuat Surat Setoran (SSP, SSBP, SSPB) manual, yang digunakan E-Billing DJP. E-Billing berbasis MPN-G2 memfasilitasi wajib pajak untuk membayarkan pajaknya dengan lebih mudah, lebih cepat dan lebih akurat.

Manfaat e-Billing Pajak

Dengan menggunakan e-Billing Pajak, banyak manfaat yang bisa didapatkan, antara lain:

  1. Membayar pajak jadi lebih mudah. Dengan membuat ID Billing, Anda dapat membayar pajak di mana saja dan kapan saja.
  2. Menghindari kesalahan dari pencatatan transaksi. Terkadang dalam pembayaran secara manual terdapat beberapa kesalahan pencatatan yang mungkin terjadi. e-Billing bisa meminimalkan terjadinya kesalahan dalam pencatatan transaksi yang bisa saja terjadi pada pembayaran manual
  3. Transaksi real time. Data dan hasil transaksi akan langsung tersimpan di sistem DJP sehingga mengurangi risiko kehilangan data akibat kelalaian dan penyebab lainnya.

Langkah-Langkah Pembuatan E-Billing

Layanan aplikasi Billing DJP SSE1 (https://sse.pajak.go.id) dan SSE3 (https://sse3.pajak.go.id) berhenti beroperasi terhitung sejak tanggal 1 Januari 2020. Ini sebagai wujud integrasi sistem e-Billing dan e-Filing dalam satu tautan guna memudahkan wajib pajak dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya. Untuk akses Ebilling saat ini menggunakan link https://sse2.pajak.go.id/.

Layanan mandiri pembuatan kode billing melalui aplikasi billing DJP akan dilayani pada menu e-Billing DJP Online. Pembuatan kode billing selain melalui DJP Online, juga dapat dilakukan melalui ASP, laman portal penerimaan negara, bank atau kantor pos persepsi, atau melalui petugas DJP.

Apabila sudah memiliki akun DJP Online, silakan login dan tambah hak akses e-Billing. Caranya sebagai berikut:

  1. Akses situs web https://sse2.pajak.go.id/.
  2. Lengkapi data yang dibutuhkan, NPWP, kata sandi, kode keamanan kemudian login.
  3. Kemudian isi jenis pajak, jenis setoran, masa pajak, tahun pajak yang akan dibayar, lalu isi jumlah setor pajak yang akan dubayar.
  4. Setelah semuanya terisi, kemudian klik buat kode billing
  5. Selanjutnya isikan kode keamanan kemudian klik submit, maka kode billing siap untuk dicetak maupun disimpan.

Cara Bayar Pajak Online

Setelah mendapatkan kode billing, tahap selanjutnya Anda tinggal membayar pajak melalui saluran sebagai berikut:

  1. Kantor Pos dan Giro
  2. Bank Pemerintah, Kecuali BTN
  3. Bank Pembangunan Daerah
  4. Bank Devisa
  5. Bank bank lain penerima setoran pajak
  6. Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, Khusus untuk impor tanpa LKP

Setelah melakukan pembayaran, kemudian akan mendapat bukti pembayaran pajak berupa NTPN yang harus dimasukkan ke dalam Surat Pemberitahuan (SPT) saat akan melakukan pelaporan pajak.