cara pembuatan efin pajak dengan mudah di rumah saja pajaknesia bekasi jakarta bogor bandung depok tangerang

Cara Membuat EFIN Dengan Cepat & Mudah (Jasa Konsultan pajak) Pajaknesia.id

Sesuai Undang-Undang Pajak Penghasilan (PPh), yakni Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 yang merupakan perubahan keempat dari UU PPh Nomor 7 Tahun 1983, pengertian PPh Pasal 21 adalah pajak atas penghasilan yang sehubungan dengan pekerjaan, jasa, atau kegiatan dengan nama dan dalam bentuk apapun yang diterima oleh Wajib Pajak orang pribadi dalam negeri. Penghasilan yang dimaksud bisa berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan, dan pembayaran lain.

Dalam system pemungutaan pajaknya, Indonesia menganut self assessment system. Dimana wajib pajak harus menghitung, menyetorkan, serta melaporkan pajaknya sendiri secara mandiri.

Sebagai wajib pajak yang berstatus sebagai wajib pajak aktif atau efektif, maka wajib pajak tersebut masih memiliki kewajiban untuk membayar dan melaporkan pajaknya yang terutang. Dulu, pembayaran pajak dilakukan secara manual dengan menggunakan surat setoran pajak (STP). Surat Setoran Pajak(STP) ini merupakan bukti pembayaran pajak yang dilakukan wajib pajak menggunakan formulir atau melalui tempat pembayaran lain yang ditunjuk oleh Menteri Keuangan seperti kantor pos, bank persepsi, dan tempat pembayaran lain yang ditunjuk Menteri Keuangan. 

Untuk dapat melaporkan e-SPT, wajib pajak harus terlebih dahulu terdaftar dalam sistem Direktorat Jenderal Pajak (DJP) online. Namun, untuk membuat dan masuk ke akun Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Online, wajib pajak harus memiliki Electronic Filing Identification Number (EFIN) yang terdaftar di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) supaya dapat melakukan pemenuhan kewajiban perpajakan secara online. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) memberikan dua pilihan bagi wajib pajak yang ingin mengajukan pembuatan Electronic Filing Identification Number (EFIN), yaitu dengan cara online atau offline. Jika offline maka wajib pajak harus mendatangi KPP terdekat. Namun jika online, wajib pajak cukup mengisi form secara online dan mengirimkan form tersebut beserta syarat-syarat pendukungnya ke email KPP tujuan.

CARA PEMBUATAN ELECTRONIC FILING IDENTIFICATION NUMBER (EFIN) ONLINE

Bagi wajib pajak yang belum mempunyai efin, bisa mengajukan aktivasi efin ke KPP tempat wajib pajak terdaftar. Atau wajib pajak bisa mengajukan permohonan aktivasi efin secara online dan caranya cukup mudah. Lalu bagaimana langkah-langkah permohonan aktivasi efin? Dan apa saja syarat-syaratnya? Adapun persyaratan yang perlu disiapkan oleh wajib pajak di antaranya adalah sebagai berikut:

Syarat Pengajuan Efin untuk Orang Pribadi:

         ·         Formulir aktivasi Electronic Filing Identification Number (EFIN) yang sudah dilengkapi

         ·         Alamat email aktif

         ·         Asli dan Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) => bagi Warga Negara Indonesia (WNI)

         ·         Asli dan Fotokopi Paspor, KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) atau Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP) => bagi Warga Negara Asing (WNA)

         ·         Asli dan Fotokopi NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) atau SKT (Surat Keterangan Terdaftar)          

Syarat Pengajuan Efin untuk Badan:

         ·         Formulir aktivasi Electronic Filing Identification Number (EFIN) yang sudah dilengkapi

         ·         Kartu NPWP atau SKT (Surat Keterangan Terdaftar) wajib pajak badan.

         ·         Kartu NPWP atau SKT atas nama pengurus yang bersangkutan.

         ·         Kartu identitas diri pengurus (KTP bagi WNI atau KITAS/KITAP bagi WNA)

         ·         Surat kuasa atau penunjukan pengurus yang mewakili dari wajib pajak badan

Syarat Pengajuan Efin untuk Kantor Cabang:

         ·         Formulir aktivasi Electronic Filing Identification Number (EFIN) yang sudah dilengkapi

         ·         Kartu NPWP atau SKT (Surat Keterangan Terdaftar) wajib pajak kantor cabang.

         ·         Kartu NPWP atau SKT atas nama pengurus yang bersangkutan.

         ·         Kartu identitas diri pengurus (KTP bagi WNI atau KITAS/KITAP bagi WNA).

         ·         Surat pengangkatan pimpinan kantor cabang.

         ·         Surat kuasa atau penunjukan pengurus yang mewakili dari wajib pajak badan.

Syarat Pengajuan Efin via pengajuan secara Kolektif bagi karyawan:

        ·         Jumlah harus lebih dari 20 orang

         ·         Nama karyawan tercantum dalam laporan SPT PPh 21

        ·         Perusahaan harus menyediakan tempat dan peralatan yang dibutuhkan untuk aktivasi EFIN

        ·         Karyawan harus hadir saat pengaktifan EFIN

Apabila persyaratan-persyaratan tersebut telah dilengkapi oleh wajib pajak, maka wajib pajak dapat mengirimkannya via email ke KPP tempat wajib pajak terdaftar. Adapun untuk pengajuan efin via datang ke kantor pajak, simak langkah-langkahnya sebagai berikut:

      1.       Unduh dan Isi Formulir e-FIN

Unduh dan isi formulir aktivasi EFIN pajak. Untuk formulir bisa dilihat dari lampiran 1 PER-41/PJ/2015 FORMULIR AKTIVASI EFIN.

      2.       Ajukan Formulir e-FIN dan Bawa Dokumen yang Dibutuhkan ke KPP Terdekat

Permohonan aktivasi EFIN ke KPP tidak bisa diwakilkan oleh orang lain. Sedangkan bagi karyawan suatu perusahaan, bisa mengajukan permohonan EFIN secara kolektif. Setelah efin sudah didapat, maka nomor efin ini harus dijaga kerahasiannya agar tidak disalahgunakan pihak lain.

      3.       Aktivasi e-FIN

Setelah mendapatkan EFIN pajak dari petugas KPP, Anda harus melakukan aktivasi di: https://djponline.pajak.go.id/resendlink WP selanjutnya akan menerima email konfirmasi yang berisi password sementara. Proses aktivasi dilakukan dengan menekan link aktivasi dari email yang dikirimkan tersebut.

Proses Pengajuan Efin secara Online

                Untuk pengajuan efin wajib pajak, saat ini sudah bisa dilakukan secara online. Apalagi semenjak adanya wabah korona (Covid-19), pelayanan tatap muka di kantor pajak dikurangi intensitasnya dan lebih banyak support layanan perpajakan secara online. Berikut tahapan pengajuan efin secara online:

      1.       Unduh Formulir Permohonan EFIN Online

Download formulir permohonan EFIN di website pajak.go.id, atau bisa mencari formulir di sistem pencarian Google. Formulir tersebut bisa digunakan untuk WP Pribadi, WP Badan dan Bendahara, kuasa WP.

      2.       Mengisi Formulir EFIN Online

·         Isi formulir permohonan EFIN dengan jelas

·         Centang kolom orang pribadi dan kolom aktivasi

·         Isi NPWP, nama, tempat lahir, tanggal lahir, dan lain sebagainya

·         Kolom EFIN dikosongkan dahulu

·         Isi nomor telepon dan alamat email aktif karena DJP akan mengirimkan kode EFIN melalui email tersebut

·         Selanjutnya, isi TTD dan tanggal pengajuan efin

      3.       Lakukan Swafoto

Foto formulir yang sudah terisi dengan lengkap tersebut. Berikutnya, swafoto atau selfie sembari memegang KTP asli dan NPWP dan harus terlihat jelas.

      4.       Kirim Permohonan EFIN Online ke Email KPP

Setelah rangkaian proses tersebut selesai, kirimkan permohonan EFIN dan dokumen persyaratan ke alamat email KPP tempat Anda  terdaftar.

      5.       Menunggu Proses Permohonan EFIN Online

Setelah semua proses dilakukan, Anda tinggal menunggu permohonan EFIN diproses DJP. Atau bisa langsung menanyakan ke bagian pelayanan via telepon.

      6.        Aktivasi EFIN Online

Setelah mendapat EFIN pajak, bisa langsung mengaktivasikannya pada situs DJP Online. Langkah-langkahnya seperti berikut ini:

·         Masuk ke situs DJP Online: https://djponline.pajak.go.id/account/login

·         Klik “daftar di sini”

·         Masukkan nomor NPWP, EFIN dan kode keamanan WP

·         Lalu klik “verifikasi”

·         Silakan buat password untuk login ke aplikasi DJP Online

·         Silakan cek email dan temukan link aktivasi yang diberikan oleh DJP

·         Klik link aktivasi tersebut dan masuk ke halaman login aplikasi DJP Online

·         Login menggunakan NPWP dan buat pula password baru

Setelah proses seluruh proses tersebut dilakukan, maka EFIN telah teraktivasi dan transaksi pajak online siap dilakukan.

Penulis : Team Izinesia   

Jasa Pengurusan Perizinan, Jasa Pembuatan CV, Jasa Konsultan Pajak, Jasa Pembuatan PT, Jasa Pendirian PT, izin pendirian pt, izin Pendirian pt jakarta murah, izin pendirian pt bogor murah, izin pendirian pt depok murah , izin pendirian pt tangerang Selatan murah, izin pendirian pt bekasi murah, izin pendirian pt bandung murah , izin pendirian pt banda aceh murah, izin pendirian pt denpasar bali murah, izin pendirian pt ambon murah, izin pendirian pt Banjarmasin murah, izin pendirian pt serang banten cilegon murah, izin pendirian pt cirebon murah, izin pendirian pt yogyakarta solo murah, izin pendirian pt Kediri murah, izin pendirian pt bandar lampung murah, izin pendirian pt Makassar murah, izin pendirian pt manado murah, izin pendirian pt medan murah, IZINESIA Pendirian Badan Usaha PT Padang murah, izin pendirian Badan Usaha PT Palembang murah, izin Pendirian Badan Usaha PT BSD Alam Sutera murah, izin pendirian Badan Usaha PT Surabaya Malang murah, izin pendirian Badan Usaha PT Tasikmalaya murah, Pendirian PT Perorangan, Pendirian PT Perorangan Jakarta, Pendirian PT Perorangan Bogor, Pendirian PT Perorangan Depok, Pendirian PT Perorangan Tangerang Selatan, Jasa Pendaftaran Merek Paten Cipta HAKI, Jasa Konsultan Hukum Pengacara Advokat, Sewa Kantor Virtual Office murah jakarta tangerang bekasi, jasa Konsultan Pajak Tax Amnesty murah, izin jasa pembuatan cv murah, jasa pendirian cv murah, izin pendirian cv murah, izin jasa pembuatan pt murah, jasa pendirian pt murah, izin pendirian pt murah, jasa izin pendirian pembuatan pengurusan yayasan murah, jasa izin pengurusan pembuatan pendirian yayasan jakarta murah, jasa izin pengurusan pembuatan pendirian yayasan bogor murah, jasa izin pengurusan pembuatan pendirian yayasan depok murah, jasa izin pengurusan pembuatan pendirian yayasan tangerang banten serang murah, jasa izin pengurusan pembuatan pendirian yayasan bsd serpong bintaro murah, jasa izin pengurusan pembuatan pendirian yayasan bekasi cikarang karawang murah, jasa izin pengurusan pembuatan pendirian yayasan bandung, jasa izin pendirian pembuatan pengurusan koperasi murah, jasa pengurusan penutupan pt cv pma yayasan koperasi murah jakarta, jasa pengurusan penutupan pt cv pma yayasan koperasi murah bogor, jasa pengurusan penutupan pt cv pma yayasan koperasi murah depok, jasa pengurusan penutupan pt cv pma yayasan koperasi murah tangerang, jasa pengurusan penutupan pt cv pma yayasan koperasi murah bekasi, jasa pengurusan penutupan pt cv pma yayasan koperasi murah bandung, jasa pengurusan pembubaran pt cv pma murah jakarta bogor depok tangerang bekasi, jasa pengurusan sni murah jakarta bogor depok, jasa pengurusan perizinan sni murah tangerang bekasi bandung, jasa pengurusan sertifikat iso jakarta bogor depok tangerang bekasi bandung murah, jasa pengurusan sertifikat postel sdppi kominfo murah jakarta bogor depok tangerang bekasi bandung, jasa pengurusan sertifikat k3l murah jakarta bogor depok tangerang bekasi bandung, jasa pembuatan pt, Jasa izin pendirian pembuatan pengurusan PT Depok murah, Jasa izin pendirian pembuatan pengurusan PT bekasi murah, Jasa izin Pembuatan pengurusan pendirian PT Bogor murah, jasa izin pengurusan pembuatan pendirian pt tangerang murah, Jasa izin Pembuatan pengurusan pendirian PT jakarta murah, jasa izin pembuatan pengurusan pendirian pt bandung murah, jasa izin pembuatan pengurusan pendirian pt bali denpasar murah, jasa izin pembuatan pengurusan pendirian pt bandar lampung murah, jasa izin pembuatan pengurusan pendirian pt banjarmasin murah, jasa izin pembuatan pengurusan pendirian pt banda aceh murah, jasa izin pembuatan pengurusan pendirian pt banten serang murah, jasa izin pembuatan pengurusan pendirian pt bsd alam sutera murah, jasa izin pembuatan pengurusan pendirian pt cirebon murah, jasa izin pembuatan pengurusan pendirian pt yogyakarta solo murah, jasa izin pembuatan pengurusan pendirian pt makassar murah, jasa izin pembuatan pengurusan pendirian pt manado murah, jasa izin pembuatan pengurusan pendirian pt medan murah, jasa izin pembuatan pengurusan pendirian pt padang murah, jasa izin pembuatan pengurusan pendirian pt palembang murah, jasa izin pembuatan pengurusan pendirian pt surabaya malang murah, jasa izin pembuatan pengurusan pendirian pt tasikmalaya murah, Jasa Konsultan Hukum Pengacara Advokat, Jasa izin Pembuatan pengurusan pendirian CV Jakarta murah, Jasa izin Pembuatan pengurusan pendirian CV bogor murah, Jasa izin Pembuatan pengurusan pendirian CV depok murah, Jasa izin Pembuatan pengurusan pendirian CV tangerang murah, Jasa izin Pembuatan pengurusan pendirian CV bekasi murah, Jasa izin Pembuatan pengurusan pendirian CV bandung murah, Jasa izin Pembuatan pengurusan pendirian CV surabaya murah, Jasa izin Pembuatan pengurusan pendirian CV yogyakarta solo murah, Jasa izin Pembuatan pengurusan pendirian CV banten cilegon murah, Jasa izin Pembuatan pengurusan pendirian CV Medan murah, Jasa izin Pembuatan pengurusan pendirian CV Palembang murah, Jasa izin Pembuatan pengurusan pendirian CV bali murah, Jasa izin Pembuatan pengurusan pendirian CV aceh murah, Jasa izin Pembuatan pengurusan pendirian CV Pekanbaru murah, Jasa izin Pembuatan pengurusan pendirian CV Makassar murah, Jasa izin Pembuatan pengurusan pendirian CV Pontianak murah, izin jasa pendaftaran pengurusan haki murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki cirebon murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki aceh murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki bali murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki bandung murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki banjarmasin murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki bekasi murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki bogor murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki bsd alam sutera murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki cikarang murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki cilegon murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki depok murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki jakarta murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki balikpapan murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki lampung kediri murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki makassar manado murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki padang medan murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki palembang mataram murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki pekalongan tegal murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki semarang surakarta murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki serang banten murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki Surabaya malang murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki tangerang bsd murah, jasa izin pendaftaran pengurusan merek paten cipta haki tasikmalaya murah, jasa pembuatan aplikasi android dan ios desktop murah, jasa pembuatan pt murah, jasa konsultan pajak, bimbel snbt murah,<a href="https://pajaknesia.id/pembuatan-kode-billing-pajak-dengan-panduan-yang-akurat-lewat-djp-online/,<a href="https://pajaknesia.id/cara-pembuatan-efin-online-dengan-mudah-di-rumah-saja-pajaknesia-bekasi-jakarta-bogor-bandung-depok-tangerang/,<a href="https://pajaknesia.id/proses-pembuatan-efin-dengan-mudah-dan-cepat-bersama-pajaknesia-di-jakarta-bogor-depok-tangerang-bekasi-bandung/,<a href="https://pajaknesia.id/mekanisme-pembayaran-pajak-mudah-dan-praktis-bersama-pajaknesia-di-jakarta-bogor-depok-tangerang-bekasi-bandung/

Open chat
1
Salam Hormat Kami pajaknesia.id